WELCOME TO MY BLOG

Senin, 16 Maret 2015

Pengaruh Polusi udara dan polusi air pada perkecambahan kacang hijau



LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI
Praktikum Biologi Umum II
PENGARUH POLUSI AIR DAN POLUSI UDARA TERHADAP PERKECAMBAHAN


Oleh :
Kelompok 7
Priskila Uli Arta Lumban Tobing        4143141047
Puspita Sari                                         4142141012
Syariel Diputra Sihole                         4141141072
Siti Novia Ningrum
Yohana Rotua Situmorang                 4141141082
Faridah Irmiana                                   4143141017

PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
MEDAN
2015




I.JUDUL PERCOBAAN : PENGARUH POLUSI AIR DAN POLUSI UDARA                    TERHADAP PERKECAMBAHAN
II:TUJUAN PERCOBAAN:
1.Mengetahui pengaruh polusi udara dan polusi  air terhadap perkecambahan
2.Mengamati pertumbuhan batang dan akar tumbuhan yang terkena polusi air
3. Mengamati pertumbuhan batang dan akar tumbuhan yang terkena polusi udara
4.Membandingkan tanaman yang tidak terkena polusi dengan tanaman yang terkena                                   polusi
5.Mengamati pengaruh pH terhadap pertumbuhan tanaman

III.TINJAUAN TEORITIS  :         
A. Kacang Hijau
Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.
Bagian paling bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung. Biji matang yang digerus dan dijadikan sebagai isi onde-ondebakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal sebagai tauge. Kacang hijau bila direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung dalam bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam buburTepungbiji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Tepung ini juga dapat diolah menjadi mi yang dikenal sebagai soun.




B. Manfaat Kacang Hijau
      1.Kacang hijau dapat memperkuat tulang.
                  Kacang hijau mengandung fosfor dan kalsium yang sangat bermanfaat dalam pertumbuhan dan memperkuat tulang. Selain itu, kandungan protein kacang hijau juga sangat tinggi (sekitar 24%).
     2.Kacang hijau sangat baik bagi kesehatan Jantung.
Kandunganlemak tak jenuh dalam kacang hijau aman untuk di konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Karena lemaknya merupakan lemak tak jenuh, bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi kacang hijau.
     3. Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah dapat membantu penyerapan protein
 Mencegah kanker, beri-beri, hingga meningkatkan kinerja syaraf. Hal ini karena dalam kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup.
     4.Selain baik bagi kesehatan dan mencegah dari beberapa macam penyakit.
Mandaat kacang hijau juga sangat baik untuk Ibu Hamil. Kacang hijau mengandung Asam Folat yang penting untuk Ibu hamil. Ibu hamil dapat mengonsumsi kacang hijau sejak awal kehamilan atau sebelum hamil. Khasiat yang terkandung dalam asam folat sangat baik bagi perkembangan saraf pada bayi dalam kandungan. Manfaat kacang hijau yang mengandung asam folat ini juga dapat menghindarkan dari terjadinya bayi kelainan jantung, bibir sumbing, dan berbagai kecacatan lainnya. Selain itu Asam folat juga dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

C. Klasifikasi
Kingdom         :Plantae (Tumbuhan)
Divisi              :Magnoliophyta(
Kelas              :Magnoliopsida
Ordo               :Fabales
Famili             :
Fabaceae
Genus             :
Phaseolus
Spesies            : Phaseolus radiatus 




D. Morfologi Tanaman Kacang Hijau
Tanaman kacang hijau berbatang tegak dengan ketinggian sangat bervariasi, antara 30-60 cm, tergantung varietasnya.cabangnya menyamping pada batang utama, berbentuk bulat, dan berbulu. Warna batang dan cabangnya ada yang hijau ada yang ungu.
Daunnya trifoliate (terdiri dari tiga helaian) dan letaknya berseling. Tangkai daunnya cukup panjang, lebih panjang dari daunnya. Warna daunnya hijau muda sampai hijau tua.
Bunga kacang hijau berwarna kuning, tersusun dalam tandan, keluar pada cabang serta batang, dan dapat menyerbuk sendiri.
Polong kacang hijau berbentuk silendris dengan panjang antara 6-15 cm dan biasanya berbulu pendek. Sewaktu muda polong berwarna hijau dan setelah tua berwarna hitam atau cokelat. Setiap polong berisi 10-15 biji.
Biji kacang hijau lebih kecil disbanding biji kacang-kacangan lain. Warna bijinya kebanyakan hijau kusam atau hijau mengkilap, beberapa ada yang berwarna kuning, cokelat, dan hitam. Tanaman kacang hijau berakar tunggang dengan akar cabang pada permukaan.

E. Syarat Tumbuh
Kacang hijau merupakan tanaman tropis yang menghendaki suasana panas selama hidupnya. Tanaman ini dapat ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 500 m di atas permukaan laut. Tanaman kacang hijau dapat tumbuh di daerah yang curah hujannya rendah dengan memanfaatkan sisa-sisa kelembapan pada tanah bekas tanaman yang diairi.
F.Pengertian Detergen
 Detergen adalah pembersih sintetis campuran berbagai bahan, yang digunakan untuk membantu pembersihan dan terbuat dari bahan-bahan turunan minyak bumi. Yaitu senyawa kimia bernama alkyl benzene sulfonat (ABS) yang direaksikan dengan natrium hidroksida (NaOH).  Dibanding dengan sabun, detergen mempunyai keunggulan antara lain mempunyai daya cuci yang lebih baik serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air.  Akan tetapi sabun lebih mudah diurai oleh mikroorganisme.
Air sadah merupakan air yang mengandung garam kalsium dan magnesium yang larut dari batuan yang dialiri air. Kesadahan dibedakan menjadi dua jenis yaitu kesadahan sementara dan kesadahan tetap. Kesadahan sementara disebabkan garam kalsium hidrogen karbonat (CaHCO3) yang larut dalam air. Kesadahan ini dapat dihilangkan dengan pendidihan dan menghasilkan zat padat putih tak larut yaitu kalsium karbonat (CaCO3) atau kerak air. Kesadahan tetap disebabkan garam kalsium dan magnesium yang larut dalam air. Kesadahan ini tidak dapat dihilangkan dengan pendidihan tetapi dengan distilasi. Nah, untuk menghindari hal tersebut, saat ini dipakai detergen sebagai pengganti sabun. Detergen mengandung zat aktif permukaan yang serupa dengan sabun, misalnya natrium benzensulfonat (Na-ABS). Garam kalsium atau magnesium yang larut dalam air sadah jika bereaksi dengan Na-ABS tetap larut dalam air dan tidak mengendap.
Molekul sabun terdiri atas dua bagian yaitu bagian yang bersifat hidrofilik dan yang bersifat hidrofobik. Bagian hidrofilik adalah bagian yang menyukai air atau bersifat polar. Adapun bagian hidrofobik adalah bagian yang tidak suka air atau bersifat nonpolar. Kotoran yang bersifat polar biasanya larut dalam air, sehingga kotoran jenis ini tidak perlu dibersihkan dengan menggunakan sabun. Kotoran yang bersifat nonpolar, seperti minyak atau lemak tidak akan hilang jika hanya dibersihkan menggunakan air. Oleh karena itu, diperlukan detergen sebagai pembersihnya. Ujung hidrofob detergen yang bersifat nonpolar mudah larut dalam minyak atau lemak dari bahan cucian. Ketika kamu menggosok atau memeras pakaian membuat minyak atau lemak menjadi butiran-butiran lepas yang dikelilingi oleh lapisan molekul detergen. Gugus polarnya berada di luar lapisan sehingga butiran itu larut di air.
Kebersihan merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan masyarakat. Untuk menjaga kebersihan badan, pakaian, tempat tinggal serta tempat umum dibutuhkan produk pembersih atau sabun cuci yang dapat diandalkan. Ibu rumah tangga, rumah sakit, sarana umum lain hingga hotel berbintang lima pasti menjadikan produk yang satu ini sebagai bagian kehidupan sehari-hari untuk mencuci pakaian maupun peralatan rumah tangga.
G.Bahan-bahan Detergen
1)      Surfaktan
Surfaktan (surface active agent) merupakan zat aktif permukaan yang mempunyai ujung berbeda yaitu hidrofil (suka air) dan hidrofob (suka lemak). Surfaktan ialah molekul organik dengan bagian lifofilik dan bagian polar, yang  berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan bahan. Surfaktan membentuk bagian penting dari semua detergen komersial.
2)      Builder
Builder (pembentuk) berfungsi meningkatkan efisiensi pencuci dari surfaktan dengan cara menon-aktifkan mineral penyebab kesadahan air. Bahan ini ditambahkan untuk menyingkirkan ion kalsium dan magnesium (kesadahan) dari air pencuci. Pembangun dapat melakukan hal ini lewat pengkelatan (pembentukan kompleks) atau lewat pertukaran ion-ion ini dengan natrium. Pembangun juga meningkatkan pH untuk membantu emulsifikasi minyak dan bufer terhadap perubahan pH. Pembangun yang paling lazim ialah natrium tripolifosfat (5Na+ P3O105-), tetapi karena limbah fosfat dapat mencemari lingkungan, jumlah yang digunakan dibatasi oleh peraturan; baru-baru ini, natrium sitrat, natrium karbonat, dan natrium silikat mulai menggantikan natrium tripolifosfat sebagai pembangun.
3)    Zeolit
Zeolit (natrium aluminosilikat) digunakan sebagai penukar ion, terutama untuk ion kalsium.
4)  Filler
Filler (pengisi) adalah bahan tambahan Detergen yang tidak mempunyai kemampuan meningkatkan daya cuci, tetapi menambah kuantitas. Contoh Sodium sulfat.
5)  Bahan antiredeposisi (antiedeposition agent)
Bahan antiredeposisi ialah senyawa yang ditambahkan ke detergen pakaian untuk mencegah pengendapan kembali kotoran pada pakaian. Contoh yang paling lazim ialah selulosa eter atau ester.
6)  Aditif
Aditif adalah bahan suplemen / tambahan untuk membuat produk lebih menarik, misalnya pewangi, pelarut, pemutih, pewarna dst, tidak berhubungan langsung dengan daya cuci Detergen. Additives ditambahkan lebih untuk maksud komersialisasi produk. Contoh : Enzim, Boraks, Sodium klorida, Carboxy Methyl Cellulose (CMC).





H.Hujan Asam
Hujan asam dilaporkan pertama kali di Manchester, Inggris, yang menjadi kota penting dalam Revolusi Industri. Pada tahun 1852, Robert Angus Smith menemukan hubungan antara hujan asam dengan polusi udara. Istilah hujan asam tersebut mulai digunakannya pada tahun 1872. Ia mengamati bahwa hujan asam dapat mengarah pada kehancuran alam.
Walaupun hujan asam ditemukan pada tahun 1852, baru pada tahun 1970-an para ilmuwan mulai mengadakan banyak melakukan penelitian mengenai fenomena ini. Kesadaran masyarakat akan hujan asam di Amerika Serikat meningkat pada tahun 1990-an setelah di New York Times memuat laporan dari Hubbard Brook Experimental Forest di New Hampshire tentang banyaknya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh hujan asam.
I.Pembentukan Hujan Asam
Secara sederhana, reaksi pembentukan hujan asam sebagai berikut:
\begin{matrix}
S_{(s)}+O_{2(g)}\rightarrow SO_{2(g)} \\
2 SO_{2(g)}+O_{2(g)}\rightarrow 2 SO_{3(g)} \\
SO_{3(g)} +H_2O_{(l)}\rightarrow H_2SO_{4(aq)}\\
\end{matrix}
Bukti terjadinya peningkatan hujan asam diperoleh dari analisis es kutub. Terlihat turunnya kadar pH sejak dimulainya Revolusi Industri dari 6 menjadi 4,5 atau 4. Informasi lain diperoleh dari organisme yang dikenal sebagai diatom yang menghuni kolam-kolam. Setelah bertahun-tahun, organisme-organisme yang mati akan mengendap dalam lapisan-lapisan sedimen di dasar kolam. Pertumbuhan diatom akan meningkat pada pH tertentu, sehingga jumlah diatom yang ditemukan di dasar kolam akan memperlihatkan perubahan pH secara tahunan bila kita melihat ke masing-masing lapisan tersebut.
Sejak dimulainya Revolusi Industri, jumlah emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke atmosfer turut meningkat. Industri yang menggunakan bahan bakar fosil, terutama batu bara, merupakan sumber utama meningkatnya oksida belerang ini. Pembacaan pH di area industri kadang-kadang tercatat hingga 2,4 (tingkat keasaman cuka). Sumber-sumber ini, ditambah oleh transportasi, merupakan penyumbang-penyumbang utama hujan asam.
Masalah hujan asam tidak hanya meningkat sejalan dengan pertumbuhan populasi dan industri tetapi telah berkembang menjadi lebih luas. Penggunaan cerobong asap yang tinggi untuk mengurangi polusi lokal berkontribusi dalam penyebaran hujan asam, karena emisi gas yang dikeluarkannya akan masuk ke sirkulasi udara regional yang memiliki jangkauan lebih luas. Sering sekali, hujan asam terjadi di daerah yang jauh dari lokasi sumbernya, di mana daerah pegunungan cenderung memperoleh lebih banyak karena tingginya curah hujan di sini.
Terdapat hubungan yang erat antara rendahnya pH dengan berkurangnya populasi ikan di danau-danau. pH di bawah 4,5 tidak memungkinkan bagi ikan untuk hidup, sementara pH 6 atau lebih tinggi akan membantu pertumbuhan populasi ikan. Asam di dalam air akan menghambat produksi enzim dari larva ikan trout untuk keluar dari telurnya. Asam juga mengikat logam beracun seperi alumunium di danau. Alumunium akan menyebabkan beberapa ikan mengeluarkan lendir berlebihan di sekitar insangnya sehingga ikan sulit bernapas. Pertumbuhan Phytoplankton yang menjadi sumber makanan ikan juga dihambat oleh tingginya kadar pH.
Tanaman dipengaruhi oleh hujan asam dalam berbagai macam cara. Lapisan lilin pada daun rusak sehingga nutrisi menghilang sehingga tanaman tidak tahan terhadap keadaan dingin, jamur dan serangga. Pertumbuhan akar menjadi lambat sehingga lebih sedikit nutrisi yang bisa diambil, dan mineral-mineral penting menjadi hilang.Ion-ion beracun yang terlepas akibat hujan asam menjadi ancaman yang besar bagi manusia. Tembaga di air berdampak pada timbulnya wabah diare pada anak dan air tercemar alumunium.
J.Bahaya Hujan Asam
1.Bagi Tanaman
Jikan zat-zat yang terkandung dalam hujan asam terserap oleh tanaman,maka tanaman itu akan rusak dan kemudian mati
2.Bagi Hewan
Hewan pun akan tercemar hujan asam.lebih-lebih hewan seperti ikan.Ikan tidak dapat hidup dalam air yang memiliki pH rendah


3.Bagi bangunan dan Benda Logam
Gedung-gedung dan bangunan bersejarah,seprti candi dan bangunan tua lainnya,juga akan mengalami kerusakan akibat guyuran hujan asam secara terus menerus.Selain itu,benda-benda yang bersal dari logam pun akan cepat berkarat dan keropos
4.bagi Manusia
Hujab asam dapat menimbulkan berbagai penyakit seprti penyakit saluran pernapasan,penyakit kulit dan bahkan kanker















IV.ALAT DAN BAHAN :
A.Alat
No
Nama Alat
Jumlah
1
Gelas Piala
1 buah
2
Pipet tetes
6 buah
3
Wadah
8 buah
4
Kapas
5 bungkus
5
Mistar
1 buah
6
Gelas ukur
6 buah
B.Bahan
No
Nama Bahan
Jumlah
1
Kacang Hijau
60 biji
2
Detergent
2 sdm
3
H2SO4
90 tetes
V.PROSEDUR KERJA
1.Menyiapkan semua alat dan bahan di atas meja praktikum
2.Memasukkan kapas secukupnya kedalam wadah yang telah di siaapkan
3.Membuat Larutan H2SO4 dan Larutan detergent dengan konsentrasi 0,05%;0,1%;0,5%
4.Memasukkan kacang hijau(yang telah di rendam sehari dalam air) kedalam wadah yang telah berisi kapas sebanyak 15 biji per wadah
5.Membuat label pada wadah untuk mengetahui konsentrasi dari bahan yang di tetesi
6.Meneteskan H2SO4 kedalam wadah yang berisi kacang hijau,tiap kacang hijau di tetesi 2 tetes saja
7.Meneteskan larutan detegent ke dalam wadah yang berisi kacang hijau,masing-masing 2 tetes
8.Menesteskan air suling ke dalam masing masing wadah yang berisi kacang hijau sebanyak 2 tetes(sebagai kontrol)
9.Menutup wadah dan meletakkan di ruangan yang gelap(tidak terpapar cahaya matahari langsung)
10.Mengamati perkembangan biji kacang hijau dan mengukur pertambahan yang terjadi pada akar dan batang selama 10 hari berturut-turut.
















VI.PEMBAHASAN
A.Tabel Pengamatan pengukuran panjang akar dan batang Kacang hijau(dalam mm)
Pada larutan H2SO4
Hari ke
Konsentrasi
Panjang Batang(mm)
Panjang Akar(mm)
1
0,1%
2
1
0,5%
2
1
0,05%
1
1
H2O
4
1
2
0,1%
7
1
0,5%
5
1
0,05%
4
1
H2O
10
2
3
0,1%
4
2
0,5%
3
2
0,05%
3
1
H2O
15
4
4
0,1%
8
1
0,5%
6
2
0,05%
4
2
H2O
23
5
5
0,1%
13
3
0,5%
9
3
0,05%
6
2
H2O
40
5
6
0,1%
3
1
0,5%
2
2
0,05%
-
2
H2O
13
3
7
0,1%
4
1
0,5%
6
2
0,05%
3
1
H2O
34
6
8
0,1%
1
2
0,5%
5
2
0,05%
7
1
H2O
17
6
9
0,1%
3
1
0,5%
7
1
0,05%
4
3
H2O
8
4
10
0,1%
2
1
0,5%
5
2
0,05%
3
2
H2O
9
2

a.Penjelasan tabel
Dari hasil pengamatan yang kami lakukan selama 10 hari dapat di simpulkan dari tabel bahwa pertambahan ukuran panjang akar dan batang ternyata berbeda dari hari kehari.terbukti dari data tabel di atas.Biji kacang hijau yang di beri air mengalami pertumbuhan yang lebih pesat pada akar dan batang bila di bandingkan dengan akar dan batang dari kacang hijau yang di beri H2SO4.Dimana ukuran panjang akar dan batng jauh lebih panjang yang di miliki oleh kacang hijau yamg di beri air.dari hasil pengamatan ada beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan ukuran dari suatu tanaman yaitu:
1.Keadaan dari tanaman itu sendiri
Maksudnya apabila tanaman sehat dan layak otomatis pasti memiki kualitas yang lebih bagus baik dari segi kualitas dan cepat tidaknya berkecambah.Semakin bagus/sehat calon tanaman maka pertumbuhan pun akan lebih besar terjadi di bandingkan tanaman yang kurang sehat atau kurang layak
2.Keadaan lingkungan
Lingkungan yang mendukung dalam pertumbuhan tanaman ialah lingkungan yang teduh dan tidak terpapar matahari langsung.di  karenakan calon tanaman belum mampu beradaptsi dengan lingkungan yang lebih ekstrim dari pada yang biasanya.
3.pH lingkungan atau air
Dari pengamatan kami,ph sangat berperan besar dalam hal pertumbuhan tanaman,karena semakain tinggi ph suattu lingkungan atau air maka akan menggangu pertumbuhan tanaman,karena tumbuhan berkembang baik pada pH 7 .oleh karena itulah pH mempengaruhi pertumbuhan suatu oranisme dalam hal ini kacang hijau
            Tetapi pada hari ke 5 tanaman sudah mulai menunjukan tanda-tanda bahwa tanaman itu tidak sehat lagi.dari pengamatan pada hari ke 5 sampai hari ke 10 tanaman sudah mulai menyusut dan mengalami perubahan warna,dimana kecambah pada hari pertama berwarna putih ke kuningan dan mulai hari ke 5 warna akar dan batang sudah mulai gelap dn coklat yang pada akhirnya tanaman kering dan keras dan warnanya coklat kehitaman.


Grafik1.1. pertambahan ukuran batang dan akar kacang hijau terhadap hari
Berdasarkan Hasil pengamatan,Jelas terlihat dalam grafik bahwa biji kacang hijau yang di beri air mempunyai ukuran yang lebih panjang bila di bandingkan dengan biji kacang hijau yang di beri larutan H2SO4 dengan konsentrasi yang berbeda.tadi sudah di jelaskan di atas apa yang menyebabkan adanya perbedaan dalam ukuran pada masing-masing kaca hijau yang di amati.dan kecenderungan perbedaan parameter panjang akar dan batang di atas juga di pengaruhi perbedaan kadar asam,karena semakin asam lingkungan pada tanaman maka akan mempengaru pertumbuhan tanaman dan bahakan bisa menyebabkan tanaman mati seperti pada halnya pada percobaan di atas.
b.Fenomena Di Lapangan
Berdasarkan dari literatur,,fenomena hujan asam di lapangan sangat sering terjadi,hal ini di akibatkan oleh banyak faktor diantaranya:letusan gunung berapi,asap pabrik,asap kendaraan dan lainnya.dan damapak dari hujan asam banyak menyerang baik ke organisme biotik atau abiotik.Pada organisme biotik sasaran utamanya adalah tanaman atau hutan luas dan ikan-ikan dalam air.sehingga tanamanan yang terserang hujan asam akan mati,daunnya berlubang dan batangnya kurus,sedangkan pada ikan akan mati kerena logam berat yang tersebar di air sehingga organisme perairan berkurang akibat hujan asam.dan sasaran hujan asam pada oranisme abiotik adalah logam atau besi berupa seng rumah,jembatan,dan masih banyak lagi akan mudah berkarat dan bahkan menyebabkan atap rumah itu tak layak pakai lagi.oleh sebab itu kita harus mengurangi terjadinya hujan asam dengan menggunakan kendaraan yang bebas polusi seperti sepeda atau mobil listrik.Sehingga lama-kelamaan tidak banyak lagi korban hujan asam.



c.Metode Pencegahan Hujan Asam
Di Amerika Serikat, banyak pembangkit tenaga listrik tenaga batu bara menggunakan Flue gas desulfurization (FGD) untuk menghilangkan gas yang mengandung belerang dari cerobong mereka. Sebagai contoh FGD adalah wet scrubber yang umum digunakan di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya. Wet scrubber pada dasarnya adalah tower yang dilengkapi dengan kipas yang mengambil gas asap dari cerobong ke tower tersebut. Kapur atau batu kapur dalam bentuk bubur juga diinjeksikan ke dalam tower sehingga bercampur dengan gas cerobong serta bereaksi dengan sulfur dioksida yang ada, Kalsium karbonat dalam batu kapur menghasilkan kalsium sulfat ber pH netral yang secara fisik dapat dikeluarkan dari scrubber. Oleh karena itu, scrubber mengubah polusi menjadi sulfat industri.Di beberapa area, sulfat tersebut dijual ke pabrik kimia sebagai gipsum bila kadar kalsium sulfatnya tinggi. Di tempat lain, sulfat tersebut ditempatkan di land-fill.













B.Tabel Pengamatan pengukuran panjang akar dan batang Kacang hijau(dalam mm)
Pada larutan Detergent
Hari ke
Konsentrasi
Panjang Batang(mm)
Panjang Akar(mm)
1
0,1%
2
4
0,5%
3
2
0,05%
2
3
H2O
6
8
2
0,1%
11
9
0,5%
9
11
0,05%
2
7
H2O
11
18
3
0,1%
13
6
0,5%
5
7
0,05%
2
3
H2O
20
6
4
0,1%
23
9
0,5%
16
3
0,05%
13
6
H2O
30
13
5
0,1%
3
7
0,5%
2
9
0,05%
6
1
H2O
12
21
6
0,1%
3
15
0,5%
7
13
0,05%
4
9
H2O
6
14
7
0,1%
1
5
0,5%
4
2
0,05%
2
3
H2O
9
21
8
0,1%
3
1
0,5%
10
2
0,05%
9
3
H2O
12
8
9
0,1%
20
9
0,5%
14
3
0,05%
3
11
H2O
23
15
10
0,1%
3
15
0,5%
7
11
0,05%
3
9
H2O
26
23

 a.Penjelasan tabel
Dari hasil pengamatan yang kami lakukan selama 10 hari dapat di simpulkan dari tabel bahwa pertambahan ukuran panjang akar dan batang ternyata berbeda dari hari kehari.terbukti dari data tabel di atas.Biji kacang hijau yang di beri air mengalami pertumbuhan yang lebih pesat pada akar dan batang bila di bandingkan dengan akar dan batang dari kacang hijau yang di beri detergent.Dimana ukuran panjang akar dan batng jauh lebih panjang yang di miliki oleh kacang hijau yamg di beri air.dari hasil pengamatan ada beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan ukuran dari suatu tanaman yaitu:
1.Keadaan dari tanaman itu sendiri
Maksudnya apabila tanaman sehat dan layak otomatis pasti memiki kualitas yang lebih bagus baik dari segi kualitas dan cepat tidaknya berkecambah.Semakin bagus/sehat calon tanaman maka pertumbuhan pun akan lebih besar terjadi di bandingkan tanaman yang kurang sehat atau kurang layak
2.Keadaan lingkungan
Lingkungan yang mendukung dalam pertumbuhan tanaman ialah lingkungan yang teduh dan tidak terpapar matahari langsung.di  karenakan calon tanaman belum mampu beradaptsi dengan lingkungan yang lebih ekstrim dari pada yang biasanya.
3.pH lingkungan atau air
Dari pengamatan kami,ph sangat berperan besar dalam hal pertumbuhan tanaman,karena semakain tinggi ph suattu lingkungan atau air maka akan menggangu pertumbuhan tanaman,karena tumbuhan berkembang baik pada pH 7 .oleh karena itulah pH mempengaruhi pertumbuhan suatu oranisme dalam hal ini kacang hijau
            Tetapi pada hari ke 5 tanaman sudah mulai menunjukan tanda-tanda bahwa tanaman itu tidak sehat lagi.dari pengamatan pada hari ke 5 sampai hari ke 10 tanaman sudah mulai menyusut dan mengalami perubahan warna,dimana kecambah pada hari pertama berwarna putih ke kuningan dan mulai hari ke 5 warna akar dan batang sudah mulai gelap dn coklat yang pada akhirnya tanaman kering dan keras dan warnanya coklat kehitaman.



Grafik.1.2. pertambahan ukuran batang dan akar kacang hijau terhadap hari
Dari grafik dapat kita ketahu bahwa perlakuan pada kacang hijau yang di beri air lebih cepat mengalami pertumbuhan bila di bandingkan dengan biji kacang hijau yang di beri larutan detergent 0,5%;0,05%;0,1%.Dimana pada kejadian detergent O2 pasti diikat sehingga pertumbuhan tanaman menjadi lambat dan adanya bahan kimia seperti aditif,surfaktan dalam detergent membuat tanaman kacang hijau mengalami pertumbuhan yang lambat.Ada juga hal lain yang mempengaruhi pertumbuhan yaitu pH kingkungan yang tidak sesuai,sehingga biji kacang hijau mengalami pertumbuhan yang lambat dan lama kelamaan menyebabkan tumbuhan itu sendiri mati,sama halanya yang di alami kacang hijau pada percobaan ini.Yang walaupun lebih lama sedikit dari biji kacang hijau yang di beri air.Dari data diatas semua kecambah mengalami perkecambahan 100%,hanya saja pertumbuhan yamg terlambat akibat perlakuan yang berbeda pada setiap kacang hijau.dan guna dari air adalah sebagai kontol dalam pertumbuhan kacang hijau,dan juga melihat apakah perlakuan yang berbeda mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
B,Fenomena di Lapangan
Jika di tinjau ke lapangan,setiap rumah rata-rata menggunakan detergent sebagai salah satu alat untuk membersihkan cucian yang sudah kotor.Mungkin sebagian tidak menyadari bahwa hal ini dapat memebrikan damapak negatif yang sangat bessar terhadap ekosistem tanah,perairan dan tanaman.Bayangkan saja satiap harinya banyak detergent yang digunakan,lalu kemanakah buangan detergent itu?Kemana lagi kalau bukan ke selokan atau tempat pembuangan.dan akan di alirkan oleh air ke berbagai penjuru tempat.akibatnya banyak ikan yang terkontaminasi dan tanah menjadi kehilangan zat hara dan tumbuhan yang mulai layu dan bahkan mati karen akurang oksigen dalam tanah karena daya ikat yang kuat oleh detergent terhadap oksigen.Dampak lain juga di rasakan oleh pengguna dimana bahan kimia akna bereaksi dengan tangan sehingga menyebabkan tangan panas,melepuh,tangan kasar dan mengkerut.Jadi usaha yang tepat mengatasi masalah ini yaitu dengan mengurangi penggunaan dari detergent dengan memilih alternatif lain berupa sabun atau bahan lain yang lebih aman di bandingkan dengan detergen.

















VII.KESIMPULAN
1.Berdasarkan hasil pengamatan,dapat di simpulkan bahwa pemberian perlakuan yang berbeda mempengaruhi ukuran dari masing-masing tanaman
2.Biji kacang hijau yang di tetessi air suling menghasilkan ukuran tanaman yang lebih panjang karena di pengaruhi oleh pH yang sesuai dan keadaan yang sesuai
3.Dari hasil pengamatan,kacang hijau  yang di beri perlakuan detergent dan H2SO4 dengan konsentrasi yang berbeda menghasilkan pertumbuhan yang berbeda pada semua biji kacang hijau.
4.Dari hasil pengamatan biji kacang hijau,pada hari ke 5 sampai ke hari ke 10,biji kacang hijau sudah mulai mengering dan keras serta mengalami perubahan warna dari warna putih ke kuningan menjadi warna coklat












VIII.DAFTAR PUSTAKA
Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. BIOLOGI SMA 3A. Jakarta. Penerbit Erlangga


















1 komentar:

  1. sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
    sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
    Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
    Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
    Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
    situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet

    BalasHapus