WELCOME TO MY BLOG

Jumat, 13 Maret 2015

PENGGUNAANDAN JENIS NERACA ANALITIK



MAKALAH
NERACA ANALITIK


OLEH :
KELOMPOK 12
ELISABET  SIHOMBING
RIZKY RAHMADANI
SYARIEL DIPUTRA SIHOLE 

  
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
MEDAN
2015

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
BAB I             Pendahuluan

BAB II                        Pembahasan
                        2.1. Pengertian Neraca Analitik
                        2.2. Spesifikasi Neraca Analitik
                        2.3.Tipe Tipe Neraca Analitik
                        2.4.Prinsip Kerja Neraca Analitik
                        2.5. Cara menjaga Kebersihan Neraca Analitik
BAB III          Penutup
`                       Kata Penutup
                         Daftar Pustaka
           













KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,atas berkat dan Rido-Nya kami dapat menyusun makalah Neraca analitik  ini dengan dengan baik.Satu harapan bahwa pembaca makalah ini dapat mencapai tingkat pemahaman konsep serta penggunaan yang lebih mendalam karena diupayakan dengan ilustrasi yang mudah di pahami oleh pembaca.
Makalah ini berisi tentang penggunaan,spesifikasi dan fungsi neraca analitik,sehingga memudahkan pembaca dalam penguasaan neraca analitik.Makalah ini disusun berdasarkan materi tentang neraca analitik dari berbagai literatur yang di rancang khusus untuk mempermudah pembaca dalam pemahaman penggunaan alat ini.
Kami menyadari bahwa sejumlah kekurangan masih mungkin ada di temui dalam makalah ini.kritik dan saran sangat kami harapkan untuk perbaikan dan penyempurnaan makalah ini sehingga layak sebagai bacaan dalam menunjang praktikum teknik laboratorium.Semoga makalah ini bermanfaat kepada siapapun yang menggunakannya.



                                                                                                Medan,pebruari 2015

                                                                                                             penyusun








BAB I
PENDAHULUAN
Neraca Analitik  merupakan salah satu neraca yang memiliki tingkat ketelitian tinggi, neraca ini mampu menimbang zat atau benda sampai batas 0,0001 g. Beberapa hal yang perlu diperhatikan bekerja dengan neraca ini adalah:  Neraca analitik digital adalah neraca yang sangat peka, karena itu bekerja dengan neraca ini harus secara halus dan hati-hati.  Sebelum mulai menimbang persiapkan semua alat bantu yang dibutuhkan dalam penimbangan Langkah kerja penimbangan yang meliputi:
a. Persiapan pendahuluan alat-alat penimbangan, siapkan alat dan zat yang akan ditimbang, sendok, kaca arloji dan kertas isap.
 b. pemeriksaan pendahuluan terhadap neraca meliputi: periksa kebersihan neraca (terutama piring-piring neraca), kedataran dan kesetimbangan neraca.
c. penimbangan, dapat dilakukan setelah diperoleh keadaan setimbang pada neraca dan timbangan pada posisi nol, demikian pula setelah penimbangan selesai posisi timbangan dikembalikan seperti semula Kalibrasi .
. Jika menggunakan timbangan yang sangat sensitif, hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan. Timbangan harus terhindar dari gerakan (angin) sebelum menimbang angka “nol” harus dicek dan jika perlu lakukan koreksi. Penyimpangan berat dicatat pada lembar/kartu kontrol, dimana pada lembar tersebut tercantum pula berapa kali timbangan harus dicek. Jika timbangan tidak dapat digunakan sama sekali maka timbangan harus diperbaiki oleh suatu agen (supplier).Penanganan Neraca Kedudukan timbangan harus diatur dengan sekrup dan harus tepat horizontal dengan “Spirit level (waterpass) sewaktu-waktu timbangan bergerak, oleh karena itu, harus dicek lagi. Jika menggunakan timbangan elektronik, harus menunggu 30 menit untuk mengatur temperatur. Jika menggunakan timbangan yang sangat sensitif, anda hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan. Timbangan harus terhindar dari gerakan (angin) sebelum menimbang angka “nol” harus dicek dan jika perlu lakukan koreksi. Setiap orang yang menggunakan timbangan harus merawatnya, sehingga timbangan tetap bersih dan terawat dengan baik. Jika tidak, sipemakai harus melaporkan kepada manajer lab. timbangan harus dikunci jika anda meninggalkan ruang kerja.Kebersihan Neraca Kebersihan timbangan harus dicek setiap kali selesai digunakan, bagian dan menimbang harus dibersihkan dengan menggunakan sikat, kain halus atau kertas (tissue) dan membersihkan timbangan secara keseluruhan timbangan harus dimatikan, kemudian piringan (pan) timbangan dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih seperti deterjen yang lunak, campurkan air dan etanol/alkohol. Sesudah dibersihkan timbangan dihidupkan dan setelah dipanaskan, cek kembali dengan menggunakan anak timbangan.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Neraca Analitik
            Neraca analitik merupakan alat pengukuran massa sebuah benda dengan ketelitian yang lebih besar sehingga menghasilkan hasil yang sesuai,yang dapat dilihat langsung pada layar berupa monitor kecil dengan warna lampu beragam sehingga data yang di dapat sudah terlihat langsung tanpa harus menghitung dengan manual.Yang menjadi kelebihan neraca analitik ialah kecepatan dalam memperoleh data dalam waktu yang singkat dan benar. Manfaat neraca analitik adalah  Alat ini berfungsi untuk menimbang bahan yang akan digunakan untuk membuat media untuk bakteri, jamur atau media tanamkultur jaringan dan mikrobiologi dalam praktikum dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Jumlah media yang tidak tepat akanberpengaruh terhadap konsentrasi zat dalam media sehingga dapat menyebabkan terjadinya kekeliruan dalam hasil praktikum.
Kekurangan neraca analitik
1.Alat ini memiliki batas maksimal yaitu 1 mg atau 210 g, jika melewati batas tersebut maka ketelitian perhitungan akanberkurang
2.Tidak dapat menggunakan sumber tegangan listrik yang besar, sehingga harus menggunakan stavolt. Jika tidak, maka benang di bawah panakan putus.
3.Harga yang mahal.
Kelebihan neraca analitik
1.Memiliki tingkat ketelitian yang cukup tinggi dan dapat menimbang zat atau benda sampai batas 0,0001 g atau 0,1 mg.
2.Penggunaannya tidak begitu rumit jika dibandingkan dengan timbangan manual, sehingga lebih efisien dalam hal waktudan tenaga.

2.2. Spesifikasi Neraca Analitik
Neraca analitik memiliki warna yang beragam ,ulai dari warna putih,hitam,biru,silver atau perpaduan lebih dari  satu warna,pada umumnya neraca analitik di gunakan untuk menimbang masaa suatu zat baik padat maupun cair,dan data yang di dapatkan lebih cepat di bandingkan neraca dua atau tiga lengan.komponen atau bahan penyusun dari neraca analitik ada yang terbuat dari besi,baja atau aluminiun dan bahkan kuningan.
2.3. Tipe Neraca Analitik
1.Neraca Analitik Sartorius
timbangan analitik sartorius Timbangan analitik sartorius  tipe secura merupakan salah satu jenis timbangan yang paling banyak digunakan dalam berbagai perusahaan. Dibandingkan dengan tipe sebelumnya yaitu CPA 224 S timbangan ini mempunyai beberapa kelebihan antara lain adalah adanya peringatan jika leveling, hal ini dikarenakan secura mempunyai optoelectronic sensor yang terus menerus memantau apakah leveling pada timbangan sudah dilakukan benar atau belum.
Berbicara masalah spesifikasi tentunya tidak perlu diragukan. Brand sartorius merupakan salah satu merk unggulan dimana salah satu produknya adalah timbangan selalu melakukan improvement terhadap produk-produknya. Memenuhi standar  timbangan analitik sartorius yang satu ini mampu mendeteksi apakah timbangan sesuai dengan range pengukuran yang anda butuhkan. Hal ini tentunya memberikan kita kenyamanan dalam bekerja. timbangan ini juga mempunyai fitur Fully automatic internal adjustment function, yang mampu melakukan kalibrasi internal secara automatis jika terjadi perubahan suhu yang ekstrim yang dapat mempengaruhi hasil penimbangan.Untuk masalah pembersihan yang menjadi persyaratan suatu laboratorium, timbangan ini didesain untuk mudah dibersihkan. Secura hadir pada berbagai kapasitas yaitu 120 gram s/d 5100 gram dengan nilai readability 0.1 s/d 10 gram. Karena berbicara mengenai timbangan analitik maka kami akan memberikan salah satu contoh spesifikasi untuk kapasitas  Berikut ini adalah spesifikasi yang penting dari timbangan sartorius secura 224 – 1S :
1.Repeatability (g) : 0.0001 gram
2. Stabilization time : 2 seconds
3. Capacity (g) : 220 gram
2.Neraca Analitik CPA 224 S
http://202.67.224.130/pdimage/67/3343267_pa-213.jpg
3.Neraca Analitik Digital Tertutup
http://www.alatalatlaboratorium.com/53-103-large/analytical-balance-ohaus-paj-1003.jpghttp://www.sentratimbangan.com/images/produk/T65.jpg Neraca Analitik Tertutup ini digunakan dalam ruangan terbuka atau tertutup,,tujuan dari tutup neraca adalah untuk menghindari tiupan angin yang dapat mempengaruhi hasil pengukurun,,tetapi cara penggunaan sama dengan tipe yang lainnya



4.Neraca Analitik Dua Lengan(Manual)
http://3.bp.blogspot.com/-acMH5ZwDr0Y/UUYhgJn8-PI/AAAAAAAAAgs/jiAcZ9QjXBE/s1600/neraca1.jpgNeraca Analitk berbentuk timbangan ini sangat jarang di gunakan,,karena ketelitiannya masih kalah bila di bandingkan dengan neraca Analitik Digital.Neraca ini biasa di gunakan untuk pengukuran benda benda padat atau cair dan menggunakan beban sebagai alat untuk melihat hasilnya.kekurangan dari Neraca ini adalah
1.Waktunya lama dalam mendapat hasil
2.ketelitian alat masih rendah
3.Mudah rusak dan sulit di bersihkan
2.4.prinsip kerja atau Cara Penggunaan Neraca Analitik
  1. Bersihkan bagian dalam timbangan dengan kuas kecil.
  2. Pastikan dalam meletakkan timbangan analitik di meja yang rata
  3. Colokkan kabel steker, dan nyalakan dengan menekan tombol ON
  4. Timbang wadah/tempat.
  5. Tekan Tombol zero, selanjutnya masukkan bahan yang akan ditimbang.
  6. Baca berat bahan yang tertera
  7. Setelah selesai, stabilkan timbangan, matikan dan cabut steker dan dibersihkan

2.5.Cara Membersihkan Neraca Analitik
Setiap orang yang menggunakan timbangan harus merawatnya, sehingga timbangan tetap bersih dan terawat dengan baik. Jika tidak, sipemakai harus melaporkan kepada manajer lab. timbangan harus dikunci jika anda meninggalkan ruang kerja.Kebersihan Neraca Kebersihan timbangan harus dicek setiap kali selesai digunakan, bagian dan menimbang harus dibersihkan dengan menggunakan sikat, kain halus atau kertas (tissue) dan membersihkan timbangan secara keseluruhan timbangan harus dimatikan, kemudian piringan (pan) timbangan dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih seperti deterjen yang lunak, campurkan air dan etanol/alkohol. Sesudah dibersihkan timbangan dihidupkan dan setelah dipanaskan, cek kembali dengan menggunakan anak timbangan






BAB III
PENUTUP
Demikian makalah ini kami buat ,semoga memiliki manfaat yang berguna bagi banyak orang.Dan apabila banyak tutur kata yang kurang berkenan di hati pembaca,mohon untuk di maafkan untuk perbaikan bagi kami kedepannya.Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih
























DAFTAR PUSTAKA


http://.blogspot.com/2009/03/ .instrumentanalis-neraca-analitik-digital

2 komentar:

  1. wah.. makalah nya bagus mbak. tapi usul aja sih. kalo penutup itu masukin juga simpulan atau apa gitu. biar pembacanya juga makin pintar mba. hehe.. makasi

    BalasHapus